Google Umumkan Android 12 untuk Tablet, Layar Lipat, dan ChromeOS

Suara.com – Google mengumumkan Android 12L usai menggulirkan Android 12 beberapa waktu lalu. Ini adalah sistem operasi yang diperuntukkan untuk perangkat dengan layar besar.

Mengutip GSM Arena, Senin (1/11/2021), huruf L dimaksudkan sebagai large screen atau layar besar. Android 12L ini akan dipakai di perangkat seperti tablet, layar lipat, hingga ChromeOS.

Android 12L dijanjikan tersedia tahun depan. Pengujian beta akan segera tersedia di perangkat seperti Lenovo Tab P12 Pro.

Google mengklaim saat ini ada 250 juta tablet, perangkat layar lipat, dan ChromeOS yang sudah menjalankan Android. Dengan alasan ini, Google meluncurkan sistem operasi Android 12L untuk tiga perangkat tersebut.

Nantinya tampilan antarmuka (UI) akan disesuaikan dengan ukuran layar. Penyesuaian ini mencakup berbagai fitur seperti notifikasi, quick settings, lockscreen, home screen, dan lainnya.

Untuk multitasking, Android 12L akan memiliki taskbar baru yang memungkinkan pengguna mengganti aplikasi lebih cepat. Kemudian fitur split screen juga lebih mudah ditemukan.

Google turut meminta pengembang untuk memperbarui aplikasi mereka agar bisa bisa lebih mudah beradaptasi dengan berbagai ukuran layar Android.

Perusahaan mengkategorikan ukuran compact yang dipakai di smartphone, medium untuk perangkat layar lipat dan tablet kecil, lalu Expanded yang dipakai di tablet dalam mode landscape maupun komputer.

Selain itu, Google juga akan memperingatkan pengguna jika masih ada aplikasi di Play Store yang belum dioptimalkan untuk perangkat layar besar. Lalu bakal ada daftar peringkat aplikasi (app rating) khusus layar besar mulai tahun depan di Play Store.

Untuk informasi mengenai gadget terupdate lainnya, kalian bisa langsung mengunjungi website bprsmh-yogyakarta.co.id

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *